DETAIL SKRIPSI Kembali
Judul:Pengaruh Response Time Terhadap Kepuasan Pasien Di Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar
Penulis:163030020 - Hilyatul Mupidah
Program Studi:S1 Kesehatan Masyarakat
Tanggal:27 Pebruari 2020
Abstrak:Hilyatul. 2019. PENGARUH RESPONSE TIME TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSKD IBU DAN ANAK PERTIWI MAKASSAR (Dibimbing oleh Hadzmawaty dan Ulfah).
Response time merupakan kecepatan dalam penanganan pasien dihitung sejak pasien datang sampai dilakukan penanganan. Fenomena yang sering terjadi di IGD terkait response time adalah kecemasan pasien tentang penanganan gawat darurat. Salah satu indikator mutu pelayanan berupa response time atau waktu tanggap yang merupakan indikator proses untuk mencapai indikator hasil, yaitu kelangsungan hidup. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh response time terhadap kepuasan pasien di pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Besar sampel 104 responden yang berada di IGD. Penelitian ini menggunakan metode uji statistik yaitu uji t dengan kemaknaan 0,05. Didapatkan hasil sebagai berikut: Adanya pengaruh yang bermakna (signifikan) antara response time perawat dengan kepuasan pada pasien, diperoleh nilai thitung -1,914 < ttabel 1,659 dengan nilai ? 0,000 < ? 0,05. Kesimpulan: Ada pengaruh response time terhadap kepuasan pasien di pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar. Saran : 1. RSKD ibu dan anak pertiwi makassar meningkatkan response time perawat dalam hal pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pasien. 2. RSKD ibu dan anak pertiwi makassar dalam pelayanan yang bersikap ramah dan sopan melayani pasien harus ditingkatkan agar pasien merasa puas. 3. RSKD ibu dan anak pertiwi makassar dalam pemberian informasi yang cepat dan benar harus ditingkatkan sehingga pasien merasa puas akan pelayanan. 4. RSKD ibu dan anak pertiwi makassar untuk meningkatkan kepercayaan kepada pasien terhadap tim medis adanya rasa saling empathy kepada setiap pasien yang datang.

© SIAKAD VER.1.4